KEPUASAN PELANGGAN DALAM RANCANGAN SISTEM PELAYANAN SURAT PENGANTAR DI KELURAHAN MUSTIKA JAYA BEKASI

Richi, Muhammad (2023) KEPUASAN PELANGGAN DALAM RANCANGAN SISTEM PELAYANAN SURAT PENGANTAR DI KELURAHAN MUSTIKA JAYA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Pelita Bangsa.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi.pdf] Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of Laporan KKP.pdf] Text
Laporan KKP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kelurahan Mustika Jaya terletak di bawah Kecamatan MustikaJaya di Kota Bekasi.
Sebagai ujung tombak pemerintahan daerah, kelurahan memberikan pelayanan
administratif langsung kepada penduduknya. Beberapa contoh pelayanan
administratif yang diberikan oleh kelurahan antara lain pembuatan Surat
Keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Domisili, dan Surat Keterangan
Kelahiran, dsb. Untuk memperoleh surat-surat yang memerlukan pengantar dari
kelurahan, masyarakat diwajibkan untuk mengunjungi kantor kelurahan dengan
membawa persyaratan yang dibutuhkan. Kelurahan Mustika Jaya beroperasi pukul
08.00 hingga pukul 16.00 WIB, setiap hari senin-jum’at. Pelayanan administrasi
yang terbatas oleh waktu dan kurangnya informasi setiap persyaratan pembuatan
administrasi terkadang harus membuat masyarakat kembali pulang untuk
melengkapi persyaratan yang kurang, serta pembuatan surat yang cukup memakan
waktu yang lama, karena bersifat manual serta terlalu banyak proses yang harus
dilalui, belum lagi seringnya terjadi kesalahan dalam pengetikan. Oleh sebab itu
diperlukan sebuah implementasi sistem baru sebagai solusi terhadap permasalahan
pada sistem administrasi saat ini, agar memudahkan masyarakat dalam mengurus
surat pengantar dan keterangan. Proses pengumpulan data sistem ini menggunakan
metode studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dengan pendekatan Object
Oriented Programming dan pemodelan visual menggunakan Unified Modeling
Language serta pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman PHP dan
basis datanya menggunakan MySQL. Tahap pengujian menggunakan metode Black
Box Testing yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari program. Pada sistem
ini menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sistem
informasi pelayanan surat berbasis web yang dapat memudahkan bagian
administrasi dalam penanganan pelayanan umum kepada masyarakat khususnya
pada pelayanan surat pengantar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Surat, UML, PHP, Black Box Testing, Waterfall
Subjects: Teknik Informatika > Pengembangan Sistem
Teknik Informatika
Fakultas / Prodi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muhammad Richi
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:46
Last Modified: 22 Feb 2024 09:46
URI: https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item