Kinanti Mara Yasa, Ni Made Bunga (2024) PENGARUH 3C TERHADAP REVISIT DENGAN MEDIASI CONSUMER JOURNEY DAN DIMODERASI OLEH CONVERSATION (Studi Pada Konsumen Pasar Perantara Online Blibli di Kabupaten Bekasi). Sarjana (S1) thesis, Universitas Pelita Bangsa.
PENDAHULUAN.pdf
Download (388kB)
BAB I.pdf
Download (179kB)
BAB II.pdf
Download (212kB)
BAB III.pdf
Download (313kB)
BAB IV.pdf
Download (859kB)
BAB V.pdf
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (150kB)
Jurnal Skripsi.pdf
Download (447kB)
Abstract
Penggunaan internet di berbagai negara berkembang pesat berkat ponsel pintar, yang memudahkan akses dan meningkatkan pangsa pasar pengguna internet. Tingginya penggunaan internet berdampak positif pada ekonomi Indonesia, terutama dalam transaksi e-commerce di Marketplace. Data Katadata menunjukkan bahwa marketplace Blibli selama kuartal IV tahun 2022 berhasil menempati posisi urutan keempat (4) dalam kunjungan bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji terkait communal activation, co-creation dan currenncy berpengaruh terhadap revisit dengan mediasi consumer journey serta mediator conversation pada konsumen Blibli. Metode pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling, khususnya metode purposive sampling. Sebanyak 103 responden berusia 17-45 tahun di Kabupaten Bekasi menjadi sampel penelitian. Proses menganalisis data, penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan dukungan program SmartPLS 3.0 dan 4.0. Alat ini digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, mengevaluasi goodness of fit model, serta mengeksplorasi hubungan yang diajukan dalam kerangka teoritis yang diusulkan. Penelitian ini membuktikan 1) Tiga elemen pemasaran dalam konsep marketing 4.0, yakni communal activation, co-creation, dan currency yang ditawarkan oleh marketplace Blibli dapat secara bersama-sama mendukung perkembangan consumer journey. 2) Consumer journey selama berbelanja pada marketplace Blibli memiliki potensi yang besar dalam mendukung tingkat revisit. 3) Consumer journey selama berbelanja pada marketplace Blibli tidak dapat memoderasi conversation terhadap tingkat revisit.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | communal activation, co-creation, currency, consumer journey, conversation, dan revisit. |
Subjects: | Manajemen S1 > Manajemen Pamasaran |
Fakultas / Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Ni Made Bunga Kinanti Mara Yasa |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 09:17 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 09:17 |
URI: | https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/2631 |