PENGARUH 3C TERHADAP REVISIT DENGAN MEDIASI CONSUMER JOURNEY DAN DIMODERASI OLEH CONVERSATION (Studi Pada Konsumen Pasar Perantara Online Blibli di Kabupaten Bekasi)

Kinanti Mara Yasa, Ni Made Bunga (2024) PENGARUH 3C TERHADAP REVISIT DENGAN MEDIASI CONSUMER JOURNEY DAN DIMODERASI OLEH CONVERSATION (Studi Pada Konsumen Pasar Perantara Online Blibli di Kabupaten Bekasi). Sarjana (S1) thesis, Universitas Pelita Bangsa.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi.pdf] Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penggunaan internet di berbagai negara berkembang pesat berkat ponsel pintar, yang memudahkan akses dan meningkatkan pangsa pasar pengguna internet. Tingginya penggunaan internet berdampak positif pada ekonomi Indonesia, terutama dalam transaksi e-commerce di Marketplace. Data Katadata menunjukkan bahwa marketplace Blibli selama kuartal IV tahun 2022 berhasil menempati posisi urutan keempat (4) dalam kunjungan bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji terkait communal activation, co-creation dan currenncy berpengaruh terhadap revisit dengan mediasi consumer journey serta mediator conversation pada konsumen Blibli. Metode pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling, khususnya metode purposive sampling. Sebanyak 103 responden berusia 17-45 tahun di Kabupaten Bekasi menjadi sampel penelitian. Proses menganalisis data, penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan dukungan program SmartPLS 3.0 dan 4.0. Alat ini digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, mengevaluasi goodness of fit model, serta mengeksplorasi hubungan yang diajukan dalam kerangka teoritis yang diusulkan. Penelitian ini membuktikan 1) Tiga elemen pemasaran dalam konsep marketing 4.0, yakni communal activation, co-creation, dan currency yang ditawarkan oleh marketplace Blibli dapat secara bersama-sama mendukung perkembangan consumer journey. 2) Consumer journey selama berbelanja pada marketplace Blibli memiliki potensi yang besar dalam mendukung tingkat revisit. 3) Consumer journey selama berbelanja pada marketplace Blibli tidak dapat memoderasi conversation terhadap tingkat revisit.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: communal activation, co-creation, currency, consumer journey, conversation, dan revisit.
Subjects: Manajemen S1 > Manajemen Pamasaran
Fakultas / Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Ni Made Bunga Kinanti Mara Yasa
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:17
Last Modified: 19 Aug 2024 09:17
URI: https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item
View Item