ISTIQOMAH, ROVIQOTUL (2024) PENGARUH DISKON, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM (ONGKIR) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa). Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS PELITA BANGSA.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (736kB)
BAB II.pdf
Download (818kB)
BAB III.pdf
Download (527kB)
BAB IV.pdf
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (321kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (535kB)
JURNAL.pdf
Download (460kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih terutama dalam dunia perdagangan. Banyak munculnya situs berbelanja online yang mempermudah seseorang dalam melakukan transaksi jual beli salah satunya adalah dengan munculnya situs e-comerce. Di mana Indonesia merupakan pengguna layanan e-comerce tertinggi di dunia yaitu 88,1%. Keberadaan e-comerce secara tidak langsung memperketat industri perdagangan secara online yang secara tidak langsung mempengaruhi usaha pada suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon, online customer rating, dan promo gratis ongkos kirim dalam mempengaruhi keputusan pembelian pada marketplace Shopee dan mana yang memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah melakukan transaksi jual ataupun beli melalui marketplace Shopee di mana respondennya merupakan Mahasiswa Program Studi Manajemen angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa. Untuk pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji t menunjukkan nilai t hitung 1,438 dengan signifikansi 0,154 yang artinya hipotesis pertama ditolak dan secara parsial menunjukkan tidak adanya pengaruh dan tidak signifikan antara diskon terhadap keputusan pembelian. Variabel online customer rating memperoleh hasil uji t dengan nilai t hitung sebesar 5,081 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya hipotesis kedua diterima dan menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara online customer rating terhadap keputusan pembelian. Variabel promo gratis ongkos kirim memperoleh hasil uji t dengan nilai t hitung sebesar 3,968 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya hipotesis ketiga diterima dan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antar promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian. Dan dapat disimpulkan bahwa 64,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel diskon, online customer rating, dan promo gratis ongkos kirim sedangkan sisanya 35,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Diskon, Online Customer Rating, dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian |
Subjects: | Manajemen S1 > Manajemen Pamasaran |
Fakultas / Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ROVIQOTUL ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 04:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 04:38 |
URI: | https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/2199 |