KARDILA, RIKASARI (2024) ANALISIS PENERAPAN SWOT DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM JAJANAN ANIRA DI KABUPATEN BOGOR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Pelita Bangsa.
PENDAHULUAN.pdf
Download (273kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (105kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
Abstract
Jajanan merupakan makanan atau camilan yang sedang populer dengan tampilan menarik dan rasa yang unik, jajanan ini disukai oleh anak muda dan mudah ditemukan di kedai pinggir jalan. UMKM yang berada di Kabupaten Bogor yaitu usaha UMKM Jajanan Anira. Jajanan Anira merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pengolahan beragam jenis makanan, namun Jajanan Anira selain mencangkup keberbagai produk kuliner atau makanan jajanan Anira menyediakan barang dan jasa. Jajanan Anira telah berdiri sejak tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk observasi, wawancara, dokumentasi berbasis penelitian lapangan (field research) serta menggunakan Studi pustaka (library research) metode pengumpulan data yang melibatkan pemahaman dan eksplorasi teori-teori yang terdapat dalam berbagai sumber literatur yang relevan dengan penelitian. Metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian penerapan SWOT dalam pengembangan usaha UMKM jajanan Anira menunjukkan bahwa nilai faktor internal lebih signifikan daripada faktor eksternal. Usaha UMKM Jajanan Anira terletak dalam kuadran 1, menandakan bahwa Usaha UMKM Jajanan Anira ini memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dioptimalkan. Penerapan SWOT pada Usaha UMKM jajanan Anira dilihat dari hasil perhitungan skor IFAS menunjukkan lebih besar kekuatan (Strength) dibandingkan kelemahan (Weakness). Perhitungan skor EFAS mengindikasikan bahwa peluang (Opportunity) memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan ancaman (Threat). Usaha UMKM Jajanan Anira mengimplikasikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan harus memerlukan penerapan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Analisis Penerapan SWOT, Pengembangan Usaha, UMKM |
Subjects: | Manajemen S1 > Kewirausahaan |
Fakultas / Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Kardila Kardila Rikasari |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:33 |
URI: | https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/3509 |