ANALISIS PENERAPAN SWOT DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM JAJANAN ANIRA DI KABUPATEN BOGOR

KARDILA, RIKASARI (2024) ANALISIS PENERAPAN SWOT DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM JAJANAN ANIRA DI KABUPATEN BOGOR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Pelita Bangsa.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of JURNAL SKRIPSI.pdf] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Jajanan merupakan makanan atau camilan yang sedang populer dengan tampilan menarik dan rasa yang unik, jajanan ini disukai oleh anak muda dan mudah ditemukan di kedai pinggir jalan. UMKM yang berada di Kabupaten Bogor yaitu usaha UMKM Jajanan Anira. Jajanan Anira merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pengolahan beragam jenis makanan, namun Jajanan Anira selain mencangkup keberbagai produk kuliner atau makanan jajanan Anira menyediakan barang dan jasa. Jajanan Anira telah berdiri sejak tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk observasi, wawancara, dokumentasi berbasis penelitian lapangan (field research) serta menggunakan Studi pustaka (library research) metode pengumpulan data yang melibatkan pemahaman dan eksplorasi teori-teori yang terdapat dalam berbagai sumber literatur yang relevan dengan penelitian. Metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian penerapan SWOT dalam pengembangan usaha UMKM jajanan Anira menunjukkan bahwa nilai faktor internal lebih signifikan daripada faktor eksternal. Usaha UMKM Jajanan Anira terletak dalam kuadran 1, menandakan bahwa Usaha UMKM Jajanan Anira ini memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dioptimalkan. Penerapan SWOT pada Usaha UMKM jajanan Anira dilihat dari hasil perhitungan skor IFAS menunjukkan lebih besar kekuatan (Strength) dibandingkan kelemahan (Weakness). Perhitungan skor EFAS mengindikasikan bahwa peluang (Opportunity) memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan ancaman (Threat). Usaha UMKM Jajanan Anira mengimplikasikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan harus memerlukan penerapan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Analisis Penerapan SWOT, Pengembangan Usaha, UMKM
Subjects: Manajemen S1 > Kewirausahaan
Fakultas / Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Kardila Kardila Rikasari
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:33
Last Modified: 22 Aug 2024 01:33
URI: https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item
View Item