PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM PERCETAKAN DI KAB. BEKASI

WULANDARI, DEA (2024) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM PERCETAKAN DI KAB. BEKASI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS PELITA BANGSA.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM Percetakan di Kab. Bekasi. Orientasi kewirausahaan mencakup sikap dan perilaku kewirausahaan yang proaktif dan inovatif, sedangkan inovasi produk melibatkan pengembangan dan penerapan ide-ide baru dalam produk percetakan. Keunggulan bersaing, sebagai variabel mediasi, diharapkan dapat memperjelas bagaimana orientasi kewirausahaan dan inovasi produk mempengaruhi posisi kompetitif UMKM di pasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha percetakan di Kab. Bekasi sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan menggunakan sampling jenuh (sensus), sehingga semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk pernyataan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, metode analisis SEM dan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi produkberpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa UMKM Percetakan perlu meningkatkan keunggulan bersaing untuk mendorong kinerja pemasaran yang lebih baik

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UMKM Percetakan.
Subjects: Manajemen S1 > Kewirausahaan
Fakultas / Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Dea Wulandari
Date Deposited: 23 Aug 2024 10:40
Last Modified: 23 Aug 2024 10:40
URI: https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item
View Item