WULANDARI, DEA (2024) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM PERCETAKAN DI KAB. BEKASI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS PELITA BANGSA.
PENDAHULUAN.pdf
Download (388kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (324kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (600kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (123kB)
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM Percetakan di Kab. Bekasi. Orientasi kewirausahaan mencakup sikap dan perilaku kewirausahaan yang proaktif dan inovatif, sedangkan inovasi produk melibatkan pengembangan dan penerapan ide-ide baru dalam produk percetakan. Keunggulan bersaing, sebagai variabel mediasi, diharapkan dapat memperjelas bagaimana orientasi kewirausahaan dan inovasi produk mempengaruhi posisi kompetitif UMKM di pasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha percetakan di Kab. Bekasi sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan menggunakan sampling jenuh (sensus), sehingga semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk pernyataan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, metode analisis SEM dan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi produkberpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa UMKM Percetakan perlu meningkatkan keunggulan bersaing untuk mendorong kinerja pemasaran yang lebih baik
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UMKM Percetakan. |
Subjects: | Manajemen S1 > Kewirausahaan |
Fakultas / Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Dea Wulandari |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 10:40 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 10:40 |
URI: | https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/4382 |