Toa, Imelda Maharani Riti (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Metode Mengajar Dosen Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa). Diploma (D3) thesis, Universitas Pelita Bangsa.
PENDAHULUAN IMELDA.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (518kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (420kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (302kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (168kB)
JURNAL IMELDA MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
LAPORAN PKL LENGKAP IMELDA MAHARANI RITI TO'A.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pemahaman akuntansi adalah kemampuan untuk memahami dan menerapkan kon-sep, prinsip, dan praktik yang ada di bidang akuntansi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Kecerdasan Emo-sional (EQ), Metode Mengajar Dosen, Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Bisnis Universitas Pelita Bangsa. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kecerdasan emosional (EQ) tid-ak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan metode mengajar dosen dan minat belajar berpengaruh dan signifikan terhadap pemahamana akuntansi. Secara simultan kecerdasan emosional (EQ), metode mengajar dosen, dan minat belajar bersama-sama berpengaruh positif dan signif-ikan terhadap pemahamana akuntansi. Implikasi Penelitian: Temuan penelitian menekankan perlunya Universitas Pelita Bangsa untuk berfokus pada peningkatan kualitas metode pengajaran dosen akuntansi dan upaya meningkatkan minat bela-jar mahasiswa. Hal ini karena kedua faktor tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Orisinalitas Penelitian: Penelitian ini memberikan kontribusi orisinal dengan mengkaji secara komprehen-sif tiga determinan pemahaman akuntansi mahasiswa, yaitu kecerdasan emosional, metode mengajar dosen, dan minat belajar. Pendekatan holistik ini belum banyak dilakukan dalam studi sebelumnya, yang cenderung hanya berfokus pada satu atau dua faktor saja.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi,Jurnal Skripsi dan Laporan KKP/PKL) (Diploma (D3)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Kecerdasan Emosional (EQ), Metode Mengajar Dosen, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Keuangan Akuntansi > Auditing Akuntansi > Pajak Akuntansi > Sistem Informasi Akuntansi |
Fakultas / Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Akuntansi |
Depositing User: | Mis Imelda Maharani Riti Toa |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 11:47 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 11:47 |
URI: | https://repository.pelitabangsa.ac.id/id/eprint/5356 |